8 SMP di Kota Tasikmalaya Tidak Bisa Laksanakan UNBK. Inilah Penyebabnya

TASIKMALAYA- Karena tidak memiliki komputer, 8 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, tidak bisa melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Para siswa di sekolah ini terpaksa melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP).

Ya, sejumlah SMP di Kota Tasikmalaya tidak melakukan UNBK akibat tidak memiliki fasilitas komputer di sekolahnya.

Sebelumnya sekolah ini berusaha untuk UNBK dengan cara kerjasama dengan sekolah lain. Tapi upaya itu tidak berhasil karena keterbatasan perangkat komputer.

Salah satunya adalah SMP PUI Kawalu, Kota Tasikmalaya. Di sekolah yang siswanya berjumlah 105 orang ini terpaksa melaksanakan UNKP. Di sekolah tersebut memang tidak ada fasilitas komputer.

Meski sebelumnya 4 komputer sempat digunakan di ruang Tata Usaha, tapi kini kondisinya rusak.

Menurut Kepala Sekolah (SMP) PUI, Budhi, pihaknya telah berupaya mencari pengadaan komputer dengan bekerjasama dengan pihak sekolah lain.

Namun karena  banyaknya sekolah yang memerlukan perangkat komputer, dirinya hanya gigit jari.

Meski tidak melaksanakan UNBK, namun beberapa siswa mengaku beruntung bisa UNKP, karena tidak beresiko jika ada kesalahan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, Budiaman menyebutkan 8 SMP di Kota Tasikmalaya, tidak memiliki fasilitas komputer dan tahun depan ditargetkan bisa mengikuti UNBK.

Pelaksanaan UNKP untuk tingkat SMP akan dilaksanakan selama 4 hari dengan empat mata pelajaran. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web