Kendala Teknis Teratasi, UNBK SMA Kota Tasik Lancar

TASIKMALAYA – Memasuki akhir pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA di Kota Tasikmalaya secara umum berjalan lancar. Meski sempat ada gangguan kecil yakni kendala tegangan listrik di salah satu SMA, namun langsung dapat teratasi.

Ketua Koordinator Pengawas SMA Kota Tasikmalaya Dadang Abdul Fatah mengatakan, gangguan dapat segera diantisipasi karena pihak panitia sebelumnya sudah berkoordinasi terkait kelistrikan dengan PLN dan PT Telkom untuk akses internet.

Beberapa kendala sebelum pelaksanaan pun telah terantisipasi seperti kurangnya ketersediaan perangkat komputer dibeberapa sekolah. Langkah yang diambil adalah mengikut sertakan siswa satu sekolah ke sekolah lain. Seperti SMA Lisda diikutkan di SMA Riyadul Ullum Condong, sebagian siswa SMAN 4 di SMKN 2, SMKN 3 di SMKN 4, SMAN 9 di SMKN 1.

“Itu karena ketersediaan perangkat komputer dan karena jumlah siswa lebih dari 300. Sedangkat perangkat komputer disetiap sekolah rata-rata 80 unit,” ujarnya disela-sela evaluasi hasil monitoring UNBK di SMA Pasundan, Rabu (12/4/2017) siang.

Pihaknya menyarankan kepada pemerintah pusat, provinsi dan kota dalam membuat kebijakan UNBK harus disertai bantuan untuk penyediaan perangkat komputer. Ditakutkan siswa yang sekolahnya terbatas perangkat komputernya dan mengikuti di sekolah lain merasa dimarjinalkan.

UNBK apabila dilihat sisi normatif kaitan dengan objektifitas, jawaban siswa sangat objektif, jujur dan tidak bisa berbuat curang. Dari sisi efisiensi, kata Dadang, cukup bail karena tidak perlu membawa ada kertas dan pencil. Jadi siswa fokus menjawab soal yang disediakan via komputer yang diakses dari pusat.

“Besok hari terakhir, diharapkan siswa tetap fokus dan setelah selesai ujian jangan euforia berlebihan. Karena bagaimana pun juga, kelulusan siswa diputuskan berdasarkan hasil rapat dewan guru. Walau nilai UN dan ujian sekolah baik, tapi apabila siswa melakukan hal-hal yang bertentangan dengan norma dan hukum bisa mendegradasi siswa,” tandasnya. (DWI)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web