4 Rumah Warga Sukaraja Tasik Rusak Diterjang Longsor

TASIKMALAYA – Empat rumah warga di Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, rusak berat akibat tertimpa material longsor dari sebuah bukit. Longsor juga menutup akses jalan desa, serta menggerus area pemakaman.

Ya, intensitas dan curah hujan yang masih tinggi kembali mengakibatkan bencana tanah longsor di Kabupaten Tasikmalaya. Sebuah bukit di Kampung Babakan Pendeuy Desa Sirnajaya, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya, longsor Senin (6/3/2017) dini hari.

Menurut warga setempat Yusuf (50), selain menggusur areal makam di atasnya, jalan desa serta empat rumah warga di bawahnya rusak parah tertimpa material longsor. Beruntung, penghuni rumah sudah mengungsi ke tempat yang lebih aman sehingga lolos dari maut.

Susahnya akses menuju lokasi membuat proses evakuasi material longsor sepanjang hampir 15 meter dengan tinggi mencapai dua puluh meter menggunakan alat seadanya. Warga terpaksa hanya menggunakan cangkul serta menyemprotkan air untuk membersihkan material.

Longsoran juga menghambat akses ratusan kepala keluarga di Dusun Babakan Mekar. Tidak hanya pendidikan, transfortasi, kesehatan serta perekonomian juga terganggu. Warga terpaksa harus memutar arah tiga kali lipat jauhnya untuk melakukan aktifitas jual beli hingga sekolah.

Tidak jarang, ibu rumah tangga harus melalui areal perkebunan saat mengantar anak sekolah.

Pipit Sulastri (34) salah seorang warga setempat menyebutkan, sebelum longsor terjadi bukit di pemukiman warga ini sempat alami retakan cukup besar. Warga sekitar sudah melakukan antisipasi dengan mengungsi termasuk memindahkan 15 jenazah di pemakaman yang terbawa longsor. (DUY)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web