Aliansi Masyarakat dan Pecinta Generasi, Tolak Tambang Gunung Pangajar

TASIKMALAYA- Penolakan keras terhadap kegiatan eksplorasi dan penambangan bahan galian mineral bukan logam di Quarry Gunung Pangajar, Karanglayung, Karangjaya, Kabupaten Tasikmalaya disuarakan Aliansi Masyarakat Peduli Gunung Pangajar dan Pecinta Generasi Warga Karanglayung (AMPGP-PGWK).

Mereka menyatakan menolak keras penambangan oleh PT. PP Bahagia Bangun Nusa KSO karena selama ini Gunung Pangajar telah mampu memberikan suplay kehidupan kepada masyarakat setempat.

Ketua AMPGP-PGWK Iman Darusman dalam rilisnya yang diterima redaksi jabarklik.com menyebutkan, Gunung Pangajar sudah menjadi bagian hidup dan yang tidak terpisahkan dalam memberikan kesejahteraan bagi warga. Ya, khususnya yang mayoritas mata pencahariannya pertanian.

Selain memiliki banyak kandungan, Gunung Pajaran lanjut Iman, juga sebagai hutan lindung yang mampu memberikan oksigen murni.

“Gunung Pangajar sangat layak menjadi Protection Forest, sebagai hutan lindung tentu Pangajar merupakan hutan atau lahan besar yang terdiri dari kumpulan jenis flora dan fauna yang terbentuk secara alami,” kata Iman.

Ditambahkan Iman, penambangan Gunung Pangajar berkaitan erat dengan rencana kegiatan pembangunan Bendungan Leuwikeris di Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis oleh Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Jika kegiatan eksplorasi dan penambangan Gunung Pangajar dilakukan maka akan membawa dampak yang sangat buruk terhadap generasi masa depan. Malah tambah Iman, kesuburan kesuburan tanah akan berkurang, memperkecil hasil bumi dan menurunkan daya serap tanah terhadap air.

“ Kami warga Desa Karanglayung Kecamatan Karangjaya Kabupaten Tasikmalaya menyatakan sikap menolak penambangan bahan galian mineral bukan logam di Quarry Gunung Pangajar dan kami akan melakukan aksi demonstrasi bersama warga pada Rabu (28/3/2018) siang, lokasinya di Perkebunan Karet PT Wiria Cakra, Gunung Pangajar,” pungkasnya. (LIS)****

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web