Aneh! Balita Ini Gemar Makan Kertas

TASIKMALAYA- Balita berusia dua tahun ini bernama Ridan Mulyadi. Dia memiliki kebiasaan aneh. Ya, anak pasangan suami istri Karmili dan Nurliawati ini kerap memakan kertas rokok untuk melinting tembakau. Dalam sehari Ridan mampu menghabiskan satu bungkus kertas rokok. Sebelum dikunyah, lembaran kertas rokok dilipat. Tangan mungilnya lincah memutar dan membalikan kertas.

Tapi Ridan tidak menelannya. Jika sudah hancur, ampas kertas itu dikeluarkan dari mulutnya.

Menurut ayahnya, Karmili, sang anak mempunyai kebiasaan buruk tersebut sudah berlangsung lima bulan lalu. “Awalnya dari keteledoran saya yang kerap menyimpan pahpir (kertas rokok) di atas meja tamu. Anak saya yang sangat agresip mencoba memakan pahpir itu. Mungkin karena terasa manis dia malah ketagihan,” kata Karmili, Rabu (25/1) siang ketika ditemui wartawan di rumahnya.

Melihat kenyataan ini Karmili yang warga Kampung Kiangronyok, Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, mencoba menyembunyikan kertas tersebut. Tapi Ridan malah menangis dan ngamuk. Tak jarang dia pun menggeledah saku pakaian Karmili hanya untuk mendapatkan kertas rokok. Karmili dan istrinya alami kesulitan melarang kebiasaan aneh anak keduanya ini.

Terpisah, Dokter Jaga Rumah Sakit Prasetya Bunda Tasikmalaya, dokter Suci Dara menyebutkan, perilaku bocah memakan benda yang tidak lazim termasuk kebiasaan buruk. Hal tersebut bisa menyebabkan ketergantungan dan jika dalam jangka panjang akan menimbulkan penyakit berbahaya. “Orang tua harus menjaga buah hatinya agar segala tindakan yang menyimpang bisa dicegah sejak dini,” ucap Suci. Pian M***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web