Berusia 204 Tahun, Garut Menyisakan Kerusakan Jalan

GARUT – Kerusakan jalan di sepanjang jalur nasional, jalur provinsi dan jalur kabupaten di Garut Jawa Barat sangat memprihatinkan. Data di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Garut, jalan yang berlubang dan rusak mencapai 294,31 kilo meter.

Ya, kondisi Jalan Cibatu, Garut Jawa Barat yang merupakan jalan alternatif utama dan kerap digunakan untuk arus mudik, kondisinya rusak parah. Tak hanya itu jalan protokol menuju pusat Kota Garut dari arah Bandung di sisi kiri dan kanan banyak ditemukan lobang menganga.

Pengemudi roda dua maupun roda empat harus memacu kendaraan pelan karena kerap terjadi kecelakaan. Seperti di titik jalur Gadog, jalan berlubang cukup panjang. Bahkan membuat pengendara roda dua harus ekstra hati – hati pasalnya jalanan penuh kerikil.

Kerusakan jalan terjadi juga di jalur Leles via Tarogong menuju Tasikmalaya. Di jalur ini seperti lubang besar di tengah jalan gampang ditemui.

Data di Dinas PUPR Kabupaten Garut, total kerusakan panjang Kabupaten yang berusia 204 tahun ini mencapai 422,92 kilo meter. Hal itu terdiri dari status jalan nasional atau alteri, jalan provinsi dan jalan kabupaten. Sementara data kerusakan jalan yang dilalui aktif kendaraan mencapai 294,31 kilo meter.

Pihak PUPR menolak memberikan keterangan ketika Jabarklik.com meminta tanggapan tentang jalan rusak tersebut. Padahal anggaran pemeliharaan jalan per tahun mencapai 16 miliar. Angka tersebut belum termasuk pengaspalan baru dan biaya garansi jika terjadi kerusakan jalan. Jalur utama yang kerap dilalui pemudik yakni jalur Limbangan dan Leles Kadungora, kondisi jalannya banyak yang berlubang dan bergelombang karena minimnya pemeliharaan. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web