BKSDA. Populasi Macan Tutul di Jabar Misterius

BANDUNG – Untuk mengetahui keberadaan satwa langka jenis macan tutul di Jawa Barat, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat melakukan penelitian disejumlah hutan. Meski tercatat ada 76 titik yang terindikasi terdapat satwa tersebut, namun hingga kini populasi macan tutul di Jawa Barat masih misterius.

Berbagai upaya pun dilakukan pemerintah untuk melindungi satwa liar tersebut, seperti yang dilakukan oleh BKSD Jawa Barat dengan cara melakukan penelitian disejumlah hutan di Jawa Barat. Salah satunya di Gunung Sawal Ciamis yang merupakan salah satu titik yang terindikasi adanya macan tutul dengan cara memasang kamera pengintai.

Hasilnya dari 20 kamera yang terpasang terekam sejumlah macan tutul yang tengah beraktivitas. Meski masih terkesan misterius namun dapat dipastikan keberadaan satwa langka jenis macan tutul di Jawa Barat masih ada dan harus dilindungi.

Menurut Ketua Forum Konservasi Macan Tutul, Hendra Gunawan, penelitian ini berawal banyaknya laporan terkait macan tutul yang turun dari hutan bahkan kerap menimbulkan konflik di lingkungan warga sekitar. “Untuk itu BKSDA melakukan penelitian guna memastikan apa penyebab macan tutul keluar hutan dan masuk perkampungan,” kata Hendra tadi siang.

Diharapkan dengan dilakukannya penelitian ini dapat diketahui jumlah dan keberadaan macan tutul di Jawa Barat, sehingga populasi macan tutul di Jawa Barat dapat dilindungi dan tidak punah seperti satwa langka lainnya. (LUR)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web