‘Cobek Bakar Ikan Mujaer’ Cilambu Menggoda Selera

TASIKMALAYA – Memasuki jalan kecil dan teduh bagai kembali ke rumah di kampung. Padahal beberapa meter di depannya pemandangan tebing dan situ (danau) yang airnya sangat jernih membuat ketenangan suasana dan bisa membuat terpesona pengunjung.Di sekitar bibir situ berjejer orang – orang memancing. Sementara lima saung terapung terlihat indah menjulur ke tengah danau. Ya, inilah kawasan Situ Cilambu berlokasi di Desa Cilambu, Margahayu, Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya.

Para pengunjung yang hobi memancing sudah disediakan tempat di bibir situ atau di atas saung terapung. Suasana cocok buat istirahat juga untuk rekreasi keluarga.

Situ Cilambu adalah sebuah tempat makan dan pemancingan di alam terbuka perkampungan dengan udara air yang jernih. Suasana sejuk dan bebas dari polusi. Anda dapat menikmati hidangan di saung diatas air sambil memancing ikan.

Menurut pengelola situ, Dadang Hermansyah, melihat potensi perairan dan sumber daya manusia serta sumber daya ikan yang ada, maka budidaya ikan di Indonesia cukup prospektif, baik untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dalam negeri maupun untuk ekspor.

Prospektifnya pasar ikan dapat dilihat dari terus meningkatnya jumlah penduduk dan makin sadarnya konsumen untuk mengonsumsi ikan. Mengkonsumsi ikan dapat meningkatkan kesehatan dan kecerdasan bagi seseorang, sesuai standar yang dipersyaratkan.

Oleh karena itu Dadang memilih ikan sebagai menu andalannya. ”Memang banyak rumah makan yang menyediakan ikan air tawar memasang tarif mahal. Padahal sebenarnya harga ikan sangat terjangkau. Makanya kami menjual makanan disini tidak mahal,” kata Dadang.

Ditambahkan Dadang, di Situ Cilambu penggemar masakan ikan bisa menemui berbagai jenis makanan ikan air tawar. Tapi ada satu menu ikan khas. Yakni cobek bakar ikan mujair. Jika pengunjung pesan menu ini akan cepat terlayani. Karena mengolah ikan mujair mudah dan tidak memakan waktu lama.

“Dagingnya yang lunak dan halus, sehingga begitu dipanaskan akan segera matang,” ucap Dadang.

Menikmati hidangan ikan mujair dengan sambal cobek memang terasa begitu nikmat. Apalagi jika disantap dengan nasi liwet hangat. Cobek ikan mujair merupakan salah satu menu di Situ Cilambu. Perpaduan rasa pedas dan segar terasa sangat pas di mulut. Kunci rahasia kelezatan sajian ini terletak pada peracikan bumbu. Kencur dan perasan air jeruk limau yang diulek di dalam cobek menyulap rasanya menjadi lebih lezat dan nikmat.  (Pian M) ***

BAHAN:
1 Kg ikan mujair segar

1 buah jeruk nipis, ambil airnya

1 sdt garam

Minyak untuk menggoreng

 

BUMBU COBEK

5 butir bawang merah

6 buah cabai rawit merah

2 cm kencur

2 cm jahe

1 sdt garam

1 buah jeruk limau, ambil airnya

 CARA MEMBUAT:

  1. Bersihkan ikan mujair. Buang sisiknya.
  2. Lumuri ikan dengan air jeruk untuk menghilangkan aroma amis.
  3. Lumuri kembali ikan dengan garam hingga rata.  Diamkan beberapa menit, sisihkan.
  4. Kemudian bakar, angkat dan sisihkan.
  5. Bumbu cobek:Panaskan 2 sdm minyak, goreng bawang merah hingga berubah warna, jangan sampai matang, angkat.
  6. Campur dengan cabai rawit, kencur, dan jahe dalam cobek, ulek kasar.
  7. Tambahkan garam dan perasan jeruk limau, aduk rata.
  8. Penyajian:Tata ikan mujair di atas piring saji. Beri bumbu cobek pada bagian atas ikan. Sajikan bersama nasi liwet hangat.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web