Dampak Dihapusnya Sistem Zonasi, SMK Favorit Diserbu Pendaftar

TASIKMALAYA- Dengan diberlakukannya penghapusan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Tasikmalaya, menjadikan SMK favorit diserbu pendaftar.

Sehari jumlah pendaftar mencapai 1000 orang. Padahal tahun sebelumnya hanya 1200 orang pendaftar dalam tenggang waktu satu pekan.

Ya, penerimaan PDB  serentak dilaksanakan. Sejumlah sekolah favorit diserbu oleh para pendaftar akibat dihapusnya kebijakan sistem zonasi untuk peminat sekolah yang diinginkan.

Salah satunya SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, sejak pagi diserbu  ribuan pendaftar.

Sejak dibuka sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB jumlah pendaftar mencapai 1000 orang. Berbeda dengan tahun sebelumnya dalam aktu satu pekan, hanya 1200 pendaftar.

Salah satu membludaknya pendaftar akibat diberlakukannya sistem zonasi dalam penerimaan PDB.

Selama ini SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya memang dikenal  banyak pilihan jurusan untuk peserta didik. “Selain itu lulusan SMK ini disalurkan ke beberapa perusahaan terkenal di luar negeri,” kata kepala Sekolah SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya, Wawan, Sabtu (22/6/2019) siang.

Membludaknya calon peserta didik menjadikan mereka harus rela antri berjam-jam. Untuk penerimaan siswa baru quota yang disediakan  SMK Negeri 2 Kota Tasikmalaya sebanyak 23 ruang belajar. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web