Giliran Kantor Dinas PUPR Kota Tasikmalaya yang Digeledah KPK

TASIKMALAYA- Setelah menggeledah ruang kerja Walikota Tasikmalaya dan Ruang Direktur Rumah Sakit Dokter Sukardjo, Komisi Pemberantasan Korupsi menggeledah Kantor Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), tadi siang.

Dari kantor PUPR penyidik KPK mengamankan sejumlah dokumen yang kemudian dimasukan koper serta tempat khusus.

Berbeda dengan penggeledahan sebelumnya, di Kantor Dinas PUPR di Jl Noenoeng Tisna Saputra ini tidak terlihat Kepala Dinas PUPR, Adang Mulyana.

Di pintu depan beberapa petugas satpam kantor, berjaga. Sementara di dalam, penyidik KPK dikawal polisi bersenjata lengkap melakukan penggeledahan.

Dibutuhkan waktu sekitar empat jam penyidik KPK mencari bukti bukti tertulis dari dalam kantor ini. Barang bukti itu berupa dokumen yang kemudian dimasukan koper dan tempat khusus lalu dibawa ke kantor KPK di Jakarta.

Penggeledahan di kantor tersebut dilakukan paling akhir. Sebelumnya penyidik KPK melakukan hal sama di ruang kerja Walikota Tasikmalaya, Budi Budiman dan Drektur RS Dokter Sukardjo Tasikmalaya, Wasisto.

Walikota Budi Budiman ditetapkan jadi tersangka oleh KPK. Dia tersangkut kasus Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Insentif Daerah (DID) Kota Tasikmalaya.

Kasus ini juga melibatkan Yaya Purnomo yang telah divonis 6 tahun. Yaya Purnomo merupakan Pimpinan Seksi Pengembangan Pendanaan kawasan Perumahan dan Pemukiman Kementerian Keuangan.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah, di mengatakan dari penggeledahan itu, KPK menyita sejumlah dokumen terkait anggaran dan proyek. Selain itu, KPK juga menyita barang bukti elektronik. Terkait kasus Walikota Tasikmalaya, penyidik ​​KPK telah memberikan persetujuan kepada PNS Kota Tasikmalaya.

Sebelumnya, KPK mengeluarkan Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman sebagai tersangka pemberi suap terhadap pegawai Kementerian Keuangan Yaya Purnomo. “Budi disangka memberikan Rp 400 juta untuk Yaya untuk memuluskan pengurusan Dana Alokasi Khusus untuk Tasikmalaya pada tahun anggaran 2018,” kata Febri. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web