Hati-hati Jika Mudik Lebaran Lewat Jalur Selatan. Ini Titik-titik Rawan Kecelakaan

TASIKMALAYA- Mudik melalui jalur selatan Tasikmalaya – Jawa Barat, berkelok dan jalan berada di sisi jurang. Daerah ini merupakan jalur cukup rawan kecelakaan, karena banyak tikungan tajam dan disampingnya terdapat tebing tanah merah yang rawan longsor.

Ya, menjelang musim mudik, anda harus mengetahui terlebih dahulu jalur mudik yang akan anda lewati. Terlebih jika anda mudik menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur via jalur selata Tasikmalaya, pastinya akan melewati wilayah Gentong. Daerah ini memang merupakan jalur yang cukup rawan kecelakaan. Pasalnya selain jalanan berliku dengan tikungan tajam, disampingnya terdapat tebing-tebing tanah merah yang rawan longsor.

Sselain itu di beberapa kawasan akan ditemui disisi jalan adalah jurang yang cukup dalam. Guna menghindari terjadinya kecelakaan dan pengguna jalan waspada, di jalur ini banyak dipasang rambu lalu lintas dan penerangan jalan umum.

Pemudik harus waspada saat memasuki daerah tanjakan Gentong karena sebagian jalannya bergelombang dan licin jika turun hujan.

Setelah melewati Gentong, kemudian anda akan melintasi enam perlintasan rel kereta api di sepanjang jalan hingga memasuki wilayah Ciamis.

Sebelum mudik, tidak ada salahnya anda melakukan pengecekan kelayakan kendaraan yang akan digunakan. Selain itu anda juga perlu mempersiapkan stamina tubuh anda, agar selama perjalanan tetap fit.

Menurut Kapolres Tasikmalaya AKBP Febry Kurniawan Ma’ruf, beberapa titik yang menjadi perhatian diantaranya pertigaan Pamoyanan Kadipaten. Di tempat ini kerap terjadi kemacetan baik arus mudik maupun arus balik akibat banyak kendaraan yang keluar masuk dari Pamoyanan menuju arah jalan aternatif menembus Kawali Ciamis.

Namun di jalur alternatif tersebut masih ditemui adanya jalan yang rusak dan perlu penanganan serius pihak terkait. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web