Ikan Koi, Hobi Rumahan Yang Membawa Keberuntungan

TASIKMALAYA – Ikan koi termasuk jenis ikan yang mudah dipelihara. Makanannya tidak selalu harus spesial karena termasuk binatang omnivora. Begitu pun umurnya bisa bertahan sampai puluhan tahun.

Bagi para penggemar ikan koi, menikmati gerakan ‘geboy’ koi yang warna-warni di kolam dapat menghilangkan stress setelah seharian beraktifitas. Ikan dari jenis ordo cyprinus carpio tersebut oleh beberapa penggemarnya juga dipercaya dapat membawa keberuntungan.

Untuk memiliki ikan yang berasal dari perairan Eurasia And The Middle East ini juga tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Harganya bervariasi tergantung dari ukuran dan jenis mulai dari Rp 50 ribu untuk ukuran Rp 15 centimeter hingga yang mencapai Rp 8 juta.

Adalah AIPTU H Kohar, anggota Satlantas Polresta Tasikmalaya, salah seorang pecinta ikan koi. Dirinya memelihara puluhan ikan koi di kolam samping rumahnya di Perumahan Sukamulya, Bungursari, Kota Tasikmalaya.

Menurut Haji O’eng, begitu ia biasa disapa, kunci perawatan ikan koi adalah sirkulasi air di kolam yang tidak boleh berhenti. Inilah yang membuat pemeliharaan ikan koi kerap mahal. Sebab kolam untuk ikan koi harus dibuat dengan ukuran spesifik.

“Kedalaman kolam pun tidak boleh kurang dari 80 centimeter, panjang minimal 1,5 meter dengan lebar 1 meter,” katanya, Jum’at (9/3/2017) siang. H O’eng yang sudah menjalani hobi ikan koi selama lebih dari 7 tahun menyebutkan dirinya tidak pernah menjual ikan koi hasil budidaya dan pembesaran. Pasalnya menjalaninya hanya sekedar hoby.

Memelihara ikan koi di kolam samping rumah, mampu menyejukan pandangan dan menentramkan pikiran. Selain itu dapat menghilangkan stress setelah seharian beraktifitas. Ikan ini oleh beberapa penggemarnya juga dipercaya dapat membawa keberuntungan. (Pian M)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web