Info Mudik. Gentong Macet, Kendaraan Dialhkan via Jalur Alternatif

TASIKMALAYA – Akibat terjadinya antrian panjang kendaraan di jalur selatan Tasikmalaya, tepatnya di kawasan Gentong hingga Rajapolah, polisi melakukan pengalihan jalur melalui Singaparna-Garut, Jum’at (30/6/) 2017 dinihari.

Meski upaya pengalihan melalui jalan altrnatif ini dilakukan, tapi penumpukan kendaraan tetap terjadi karena sempitnya jalur selatan.

Pengalihan jalur dilakukan polisi tepat di pertigaan Parakanhonje, Indihiang, Tasikmalaya, Jawa Barat. Antrian panjang kendaraanpun terjadi disebabkan meningkatnya arus yang datang dari arah Ciamis dan Jawa Tengah. Para pebalik ini terpaksa dialihkan melalui Singaparna menuju Garut yang selanjutnya menembus Bandung dan kota lainnya.

Upaya pengalihan tersebut malah membuat kemacetan di kawasan Lingga Jaya, Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, karena terjadi penyempitan jalan. Meski polisi sudah berupaya mengatur lalu lintas, antrian panjang kendaraan tidak bisa dielakan.

Sejumlah kendaraan menuju Bandung, Jakarta dan sebaliknya tersendat. Meski polisi sudah menghimbau agar pebalik antri jika melintasi jalan sempit, tapi mereka tidak menghiraukannya dan berebut saling mendahului.

Volume kendaraan dari arah timur meningkat tajam, seiring sebagian pebalik menghindari hari Sabtu dan Minggu yang merupakan puncak arus balik. Selain itu peningkatan tersebut juga disebabkan kepulangan para wisatawan dari obyek wisata Pangandaran.

Menurut Kepala Pos PAM Parakanhonje, Kompol Trisumarsono, pengalihan arus lalu lintas tersebut sesuai permintaan petugas yang jaga di kawasan Gentong karena disana terjadi kemacetan.

Jika arus lalu lintas normal kembali,. pengalihan akan dicabut dan pebalik diarahkan melintas jalur Gentong.(SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web