Jelang Upacara HUT RI, Siswa SD di Kota Tasik Cuci Bendera Merah Putih

TASIKMALAYA – Sehari jelang pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) siswa dan anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) salah satu sekolah dasar negeri di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat/ melakukan kegiatan cuci bendera.

Mencuci bendera bersama di halaman sekolah yang sudah menjadi tradisi ini dimaksudkan untuk menanamkan kecintaan pada tanah air, sejak dini.

Ya, siswa dan Paskibra SD Negeri Perumnas Cisalak, Kota Tasikmalaya, melakukan kegiatan mencuci bendera merah putih dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-72 kemerdekaan RI.

Sebelum pelaksanaan pencucian, terlebih dahulu digelar upacara penurunan bendera merah putih. Setelah itu melakukan pencucian bendera merah putih bersama-sama di halaman sekolah dengan tujuan menanamkan kecintaan pada tanah air sejak dini.

Bendera merah putih itu pun dijemur di halaman sekolah hingga kering untuk dipersiapkan dipasang pada 17 Agustus esok.

Kegiatan yang sudah menjadi tradisi dan dilakukan sehari menjelang pelaksanaan upacara peringatan kemerdekaan RI ini disambut suka cita oleh para siswa.

Menurut Kepala SD Negeri Perumnas Cisalak Ade Astuti, kegaiatan para siswa tersebut merupakan salah satu upaya untuk menumbuhkan sikap peduli dan nasionalisme sebagai warga negara Indonesia.

Dikatakan Ade, terkadang kita meremahkan soal bendera untuk menjaga kebersihan lambang negara sang merah putih ini. Bahkan dalam kurun satu tahun saja enggan mencuci bendera yang sering dikibarkan saat kegiatan upacara lainnya. Dengan kegiatan seperti itu setidaknya dapat memberikan modal kepada siswa guna memiliki kesadaran dari hal terkecil dahulu.

“Kegiatan anak-anak kami di sini sudah biasa dilakukan jelang ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Pencucian itu diharapkan saat bendera berkibar, dalam keadaan bersih,” kata Ade Astuti.(SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web