Jembatan Gobang Dibiarkan Rusak

TASIKMALAYA- Sebuah jembatan di perbatasan kota dan kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, mengalami kerusakan parah. Meski warga sudah mengajukan perbaikan ke pemerintah setempat, namun hingga kini belum ada tanggapan. Akibat kerusakan tersebut, jembatan penopang ekonomi ribuan warga tersebut, tidak bisa dilewati roda empat.

Kondisi jembatan Gobang yang merupakan penghubung antara wilayah Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya dan Kecamatam Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, rusak parah sehingga tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat.

Keberadaan jembatan Gobang tersebut bagi warag sekitar sangat berguna karena bisa memotong jarak tempuh hingga 30 kilo meter.

Salah satu warga yang mengeluhkan kondisi jembatan ini, Bambang Sudimara (54). Dia yang warga Manonjaya ini terpaksa harus melewati jembatan Gobang yang rusak parah, untuk masuk kerja di Kota Tasikmalaya. Bambang harus ekstra hati-hati melintas jembatan. Jika tidak roda sepeda motor akan tergelincir dan mengakibatkan kecelakaan.

Di jembatan ini, kata Bambang kerap terjadi sepeda motor terperosok karena kondisi kayu yang jadi bantalan jembatan sudah lapuk.

“Kondisi kerusakan sudah berlangsung belasan tahun dan permintaan bantuan perbaikan sudah dilayangkan warga ke instansi terkait. Tapi upaya warga hingga kini belum ada tanggapan,” ujar Bambang, Sabtu (22/6/2019) siang .

Meski kurang layak, akhirnya warga berinisiatif melakukan perbaikan jembatan dengan kayu seadanya.

“Kita melakukan perbaikan jembatan bergotong royong menggunakan kayu yang tidak terpakai milik seorang warga. Tapi kekuatan kayu tidak berlangsung lama. Ya, akhirnya cepat lapuk juga,” ucap Antos Suharto, warga yang tinggal tak jauh dari jembatan. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web