Jenazah Laki-laki di Dasar Jurang Dievakuasi Tim SAR Gabungan. Inilah Kronologi Tewasnya Korban

TASIKMALAYA- Sesosok mayat laki-laki ditemukan di dasar jurang sedalam 300 meter di sebuah hutan di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Minggu (16/6/2019) dini hari.

Karena medan cukup berat, yakni berkedalaman 300 meter, tim search and rescue  (SAR) gabungan menghabiskan waktu empat jam guna mengevakuasi jenazah.

Tim SAR gabungan terdiri dari Basarnas, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, TNI dan Polri, terlebih dahulu menganalisa upaya evakuasi seorang laki-laki yang tewas di sebuah jurang. Ya, laki-laki itu yang kemudian diketahui bernama Maskar (57), warga Kampung Cintawangi, Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, tewas di dasar jurang hutan Sampalan Lega.

Tim SAR gabungan membutuhkan peralatan dan SDM yang tangguh agar bisa mengevakusi korban. Pasalnya, jurang tersebut berkedalam 300 meter dan berada di tengah hutan yang masih perawan.

Menurut salah seorang tim SAR Gabungan, Ucu Anwar Surachman, upaya evakuasi vertikal pun dilakukan tim SAR gabungan. Setelah menghabiskan waktu hingga empat jam lamanya, akhirnya korban bisa dievakuasi dengan mulus dan langsung diserahkan kepada keluarganya.

Salah eorang anggota SAR yang teribat evakuasi, korban di dasar jurang dengan kondisi leher dililit tali, dan tergantung di sebuah pohon. Dugaan sementara korban tewas akibat bunuh diri. Guna penyelidikan lebih lanjut, SAR gabungan menyerahkan proses selanjutnya kepada aparat kepolisian.

Sebelum ditemukan tewas, korban  pamitan kepada sang istri, hendak bersilaturahmi kepada kerabatnya di kampung tetangga. Tapi hingga petang, korban  yang diketahui punya penyakit lambung kronis ini tak kunjung pulang dan akhirnya dilakukan pencarian. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web