Listrik Tetap Nyala Padahal Tak Pernah Isi Pulsa Token, Segera Lapor PLN

TASIKMALAYA – Bagi para konsumen listrik yang menggunakan meteran listrik prabayar atau token harus mewaspadai terjadinya kerusakan. Seperti yang dialami Asep (50) warga Leuwimalang RT 03/06 Desa Sukamulya, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya. Ia mengalami hal yang kurang mengenakan.

Ya, pada 23 Mei 2017, Asep dikagetkan dengan menerima surat berita acara dari Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) PT PLN (Persero) Tasikmalaya. Surat tersebut berisi tentang kerusakan meteran listrik token yang terpasang di rumahnya dengan total tagihan pemakaian listrik selama 17 bulan, terhitung sejak pengisian pulsa token terakhir pada 25 Oktober 2015 lebih dari Rp 3 juta.

Selama ini Asep tidak mengetahui ada kejanggalan pada meterannya. Pasalnya, listrik tetap menyala normal. Terkait tidak melakukan pengisian pulsa token, Ia mengira anggota keluarga lainnya yang melakukan pengisian tanpa sepengetahuannya. Karena fasilitas rumah yang diberikan majikannya di tempat Asep bekerja itu ditempati mertua dan dua adik iparnya.

“Sehari setelah menerima surat itu, saya langsung mengisi pulsa token. Kita tunjukan itikad baik karena selama ini tidak mengetahui kalau meteran ini rusak,” kata Asep.

Tak selesai sampai disitu, pada 29 Mei 2017, surat kedua diterimanya. Selain menjelaskan kerusakan meteran, pihak PLN meminta agar segera menyelesaikan tunggakan pembayaran.
Esok harinya, melalui perwakilan keluarga menemui loket bagian P2TL di kantor PT PLN (Persero) Tasikmalaya Jl Mayor Utarya.

Selain diberikan penjelasan terkait besarnya tunggakan dengan menunjukan database pengisian pulsa token di komputer, pihak PLN memberikan kebijakan bahwa tunggakan dapat dicicil selama setahun. Tak hanya itu PLN akan segera mengganti meteran yang rusak tanpa dikenai biaya sepeser pun. “Alhamdulillah, pihak PLN sudah berbesar hati untuk memberikan keringanan kepada kami. Ini akan menjadi pengalaman juga bagi pelanggan lainnya,” pungkasnya. (DWI)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web