Ma’ruf Amin dan Wiranto Hadiri Hari Santri Nasional 2018 di Tasikmalaya

TASIKMALAYA- Peringatan Hari Santri Nasional yang ke 4 digelar di Kota Tasikmalaya. Ribuan santri dari berbagai pesantren di Jawa Barat hadir dalam acara Apel Besar Santri.

Memilih tiga menteri berlatar belakang santri, sebagai bentuk apresiasi terhadap santri, Presiden Joko Widodo juga menggaet kalangan ulama yakni KH Ma’ruf Amin calon wakil presiden.

Ya, Hari Santri ke 4 tingkat nasional digelar di Lapangan Dadaha, Kota Tasikmalaya, Senin 22 Oktober siang. Semula kegiatan apel besar hari santri ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo, namun akhirnya batal.

Menkopolhukam Wiranto di dapuk menjadi Insfektur Upacara Hari Santri Nasional. Pemerintah mengapresiasi pengabdian santri untuk bangsa Indonesia.

Selain dalam masa perjuangan, peran santri juga cukup sentral dalam membangun bangsa menjadi sejahtera.

Pemerintah melalui presiden Jokowidodo mengapresiasi santri dengan menempatkan tiga menterinya yang memiliki latar belakang santri.

Menteri Agama Lukmanul Hakim, Mentri Tenaga Kerja Hanif Dahiri serta Menristek Dikti Muhamad Natsir. Bahkan Joko Widodo menggandeng calon wakil presiden 2019-2024 dari kalangan tokoh Nahdatul Ulama (NU) sebagai calon wakil presiden.

Bagi santri, ditetapknya Hari Santri Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober merupakan bentuk pengakuan negara untuk perjuangan santri.

Mereka akan membalasnya dengan belajar dan mengabdi untuk negara agar lebih maju. “Ini momen sangat penting untuk santri. Bahwa muslim sejak dulu sudah berjuang dan santri sampai saat ini,” kata salah seorang santri, Nendra Purnama.

Ribuan santri dari berbagai pesantren di Jawa Barat turut hadir dalam kegiatan Apel Hari Santri Nasional ini. Demi melihat jalannya apel besar, sejumlah santri harus naik keatas reklame meski membahayakan keselamatan.

Tak hanya itu, panas terik matahari membuat sejumlah santri kelelahan hingga tertidur di tengah lapangan. Usai apel besar, kirab santri digelar dengan menyusuri sejumlah ruas jalan di Kota Tasikmalaya. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web