Pelanggan Warung ‘Nyemen’ Berhamburan Dirazia Satpol PP

TASIKMALAYA – Satuan Polisi Pamong Praja Kota Tasikmalaya menyisir toko, rumah makan dan warung nasi yang buka sebelum pukul 16.00 WIB, Rabu (14/6/2017). Petugas bergerak mendatangi warung-warung penjual nasi yang ada di sekitar Jl Ir H Juanda, Sewaka, Perintis Kemerdekaan, BKR, Dadaha, Pasar Mambo, KH Zaenal Mustofa dan Pasar Lama.

Saat didatangi petugas, tampak pemilik warung dan pembeli panik. Mereka spontan berhamburan keluar dan meninggalkan sajian makan siang yang sedang disantapnya dimeja masing-masing.

Kabid Trantibum dan Tranmas Satpol PP Kota Tasikmalaya Ahmad Ghani Iskandar mengungkapkan, kegiatan patroli ini dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Walikota Tasikmalaya Nomor : 451.13/940/Kesra tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Selama Bulan Suci Ramadhan 1438 H/2017 M terkait tidak membuka rumah makan/warung nasi atau sejenis pada bulan Ramadhan sebelum pukul 16.00 WIB.

“Sengaja kami mengadakan patroli dipertengahan bulan puasa, berdasarkan pengalaman, para pedagang suka membandel dengan buka sebelum pukul 16.00 WIB atau jam empat sore. Ternyata sesuai fakta dan bukti di lapangan banyak sekali yang buka,” ujar Ghani disela-sela patroli.

Bagi pemilik warung makan, diberikan peringatan dan sosialisasi surat edaran. Petugas juga menempelkan foto copy surat edaran di setiap pintu masuk warung.

Apabila tetap tidak mengindahkan aturan tersebut, lanjut Ghani, petugas akan melakukan penyitaan barang yang dijadikan tempat makanan sebagai barang bukti.

“Ada 20 titik yang jadi pantauan kami. Tapi situasional karena jelas sekali jalanan sudah mulai macet, sehingga tidak memungkinkan untuk didatangi semuanya. Besok Insya Allah patroli akan kami lanjutkan,” tandasnya.

Sementara itu salah seorang pemilik warung makan, Jajang Badru mengatakan, sebenarnya ia mengetahui tentang larangan tersebut. Namun banyak pelanggan yang memaksa agar tetap buka.

“Awalnya tutup, tapi setiap hari banyak yang ‘ngetrok’ ingin makan, minum, ngopi. Jadi akhirnya saya buka warung,” kilah Jajang. (DWI)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web