Peringatan Hari Buruh. Atribut #2019GantiPresiden Hiasi Aksi Buruh di Jakarta

JAKARTA- Atribut bernuansa #2019 GantiPresiden menghiasi aksi buruh pada Hari Buruh Internasional 2018 atau May Day di Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (1/5/2018) siang. Spanduk dan poster bertuliskan kata kata sindiran terhadap pemerintah, didapati dalam aksi buruh kali ini.

Seperti ‘Maaf dek, abang belum bisa nikahin kamu. Gaji abang masih rendah”. Poster itu dibawa kelompok yang mengantas namakan Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA). Tulisan itu menyatu dalam poster Dilan dengan Milea ala film yang diperankan oleh Iqbal Ramadhan dan Vanessa Priscilla.

Sementara massa dari Federasi Serikat Pekerja Aneka Sektor Indonesia (FSPASI) membawa spanduk bertuliskan ‘Kami Pastikan Tidak Pilih Jokowi’

Atribut dengan tagar #2019GantiPresiden yang kini tengah jadi sorotan juga terlihat di beberapa kelompok massa buruh.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, Said Iqbal pun menyatakan penolakan untuk kembali memilih Jokowi dalam Pilpres 2019 mendatang. Said menilai pemerintah terlalu memberikan kemudahan bagi tenaga kerja asing (TKA).

Kawasan Jl Medan Merdeka Barat sejak pukul 11.00 WIB, telah dipenuhi puluhan massa buruh. Ketua Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) wilayah Jakarta, Dwi Harto mengatakan dalam memperingati May Day kali ini, dia melihat masih banyaknya persoalan-persoalan perburuhan yang sifatnya normatif yang tidak dijalankan oleh para pengusaha – pengusaha zalim.

Dia pun menilai kebijakan-kebijakan pemerintah di tingkat daerah maupun pusat belum pro terhadap kaum buruh.

“Munculnya PP 78 tahun 2015 tentang pengupahan membuat posisi buruh jadi lemah untuk memperjuangkan upah yang layak. Sementara terkait Perpres Nomor 20 tahun 2018 tentang Tenaga Kerja Asing (TKA), KSBSI belum bersikap, sebab, hingga saat ini masih mengkajinya,” ucap Dwi. (LIS)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web