Pesantren Barkatul Huda Juarai Festival Bedug Santri

TASIKMALAYA – Bayangkan bagaimana lantunan lagu sholawat dengan iringan tabuhan bedug dan alat musik bantu tradisional hingga beat box berkolaborasi menjadi irama merdu dan enak untuk didengar.

Sajian itu terwujud di acara Festival Bedug Santri yang digelar di Lapangan Parkir Pondok Pesantren Sulalatul Huda, Paseh, Kota Tasikmalaya, Sabtu (10/6/2017) malam.

Ya, 25 tim dari pondok pesantren yang tersebar di Ciamis, Kota dan Kabupaten Tasikmalaya bersaing dengan menyajikan penampilan terbaik untuk mendapatkan tempat terhormat.

Dari jumlah tersebut, tersisa 3 tim untuk melangkah ke babak final yang digelar malam hari seusai shalat Tarawih.

Persaingan 3 tim finalis cukup membuat penonton dan juri greget. Kehadiran supporter dari masing-masing tim ikut meramaikan gelaran tersebut. Mereka ikut berdendang dan bergoyang dibawah panggung layaknya menonton sebuah konser musik.

Variasi, aransemen, performance dalam hal adab, kostum, koreografi, harmonisasi dan vokal menjadi dasar penilaian.

Akhirnya dewan juri memutuskan, juara I Pondok Pesantren Barkatul Huda Manonjaya, juara II Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya dan juara III Pondok Pesantren Manarul Huda Singaparna. Sedangkan supporter terbaik diraih Pondok Pesantren Hidayatul Ulum Awipari.

Ketua Panitia Festival Bedug Santri, Silmi Abdussalam mengatakan, masing-masing juara mendapatkan hadiah berupa tropi, piagam penghargaan, uang pembinaan dan souvenir.

“Untuk juara pertama dan supporter terbaik berhak memboyong masing-masing satu buah bedug,” ujarnya.

Silmi berharap kegiatan seperti ini akan terus diselenggarakan, bahkan rencananya akan menjadi agenda rutin setiap satu tahun sekali. (DWI)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web