Polisi Bekuk 12 Tersangka Kasus Pencurian Mobil dan Motor

TASIKMALAYA – Polres Tasikmalaya Kota berhasil mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor roda dua dan empat. Dalam dua bulan terakhir, polisi berhasil mengamankan 5 unit mobil pick up dan 11 unit motor.

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Adi Nugraha mengungkapkan, selain mengamankan unit kendaraan, jajarannya berhasil menangkap 12 orang tersangka, 5 orang diduga pelaku curanmor roda empat dan 7 orang roda dua.

“Kami mengungkap 9 LP curanmor, 7 ditangani polres dan 2 pengungkapan polsek,” ujarnya saat ekspose pengungkapan kasus curnamor di Mapolsek Tasikmalaya Kota, kemarin siang.

Modus operandi para pelaku curanmor roda empat, lanjut Adi, dengan memasuki pekarangan rumah calon korban, dengan merusak pintu pagar rumah, lalu merusak pintu mobil. Untuk menghidupkan mesin mobil pelaku menggunakan switch stater.

“Pelaku merusak mekanisme kunci mobil, kemudian menggunakan switch stater yang dia bawa sendiri,” jelas Adi.

Modus yang hampir sama dilakukan oleh para pelaku curanmor roda dua. Namun, imbuh Adi, para pelaku menggunakan obeng yang dimodifikasi menjadi kunci T, bor, dan menggunakan kunci ring untuk membuka paksa kunci motor.

“Hasil curanmor oleh para pelaku dijual oleh para pelaku kepada masyarakat umum di pedalaman. Untuk mobil dijual Rp 20 juta,” tutur Adi.

Semua pelaku, bekerja berkelompok dengan berbagi peran, ada yang bertugas sebagai pemetik, mengawasi situasi dan kurir. Dalam kasus ini pelaku dijerat Pasal 363 KHUPidana dengan ancaman 7 hingga 9 tahun kurungan penjara. (DWI)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web