Program BEKERJA. Menteri Pertanian Suapi Nenek-nenek dengan Telur Rebus

TASIKMALAYA- Meski ‘hajat’ besar Kementerian Pertanian yang digelar di Desa Kiarajangkung, Sukahening, Kabupaten Tasikmalaya, sudah berlangsung Jum;at (11/1/2019); Tapi warga yang hadir cukup terkenang. Betapa tidak kala itu sekitar 5 ribu orang tumpah ruah di lapangan Desa Kiarajangkung.

Sosok Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, berhasil mencuri perhatian di atas panggung, hingga acara tersebut tidak membosankan. Diawali dengan makan telur ayam kampung rebus, bersama, Menteri Arman memberi komando pada semua yang hadir untuk mengelupas kuit telur ayam rebus.  “Dengan telur ayam ini saya jadi menteri, dengan telur ayam ini kita jadi sehat,” kata Menteri Arman.

Untuk menambah kemariahan Menteri Amran menyuapi telur ayam pada seorang nenek nenek. Tak hanya itu dia juga memberi makan telur ayam rebus kepada seorang bocah.

Dalam kesempatan ini Menteri Amran menyerahkan bantuan hampir 600 ekor ayam kampung petelur unggul. Bantuan yang merupakan bagian dari Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) ini diberikan kepada 11 ribu lebih Rumah Tangga Miskin (RTM) di Desa Kiara Kiarajangkung, Sukahening, Kab. Tasikmalaya.

“Kita semua berharap dengan bantuan ini cita-cita Desa Mandiri Bibit Ayam Kampung Unggul dapat terwujud,”ujar Amran dihadapan ribuan orang yang menyaksikan penyerahan bantuan. Termasuk RTM penerima bantuan, penyuluh tingkat kabupaten, serta santri dari sekitaran Tasikmalaya. 

Selain ternak ayam, bantuan juga diberikan untuk komoditas hortikultura dan perkebunan. Di antaranya, 1. Sarana produksi manggis meliputi bibit, pupuk organik, pupuk NPK, dan pupuk hayati. 2. Sarana produksi pepaya meliputi bibit pepaya dan pupuk organik 3. Sarana produksi jagung manis meliputi benih,pupuk organik, pupuk dan pupuk hayati. 4. Sarana produksi kacang panjang meliputi benih, pupuk organik dan pupuk hayati. 5. Bibit kopi Arabica. 6. Sarana alat mesin pertanian meliputi cultivator, handspray, rotary, tractor roda 2, tractor roda 4, dan pompa air. 

Program BEKERJA telah dilakukan di 10 provinsi, 22 kabupaten dan 807 desa yang melibatkan 200.000 rumah tangga miskin (RTM) pada tahun 2018. 

Kabupaten Tasikmalaya menjadi salah satu target sasaran program ini yang meliputi 48 Desa di 5 kecamatan: Sukahening, Cikatomas, Salopa, Jatiwaras dan Sodonghilir. 

Kementerian Pertanian telah mencanangkan Program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) yang merupakan upaya peningkatan pendapatan dan kesejahteraan melalui kegiatan pertanian yang terintegrasi dalam rangka pengentasan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat miskin.

Dalam mencapai tujuan tersebut Program BEKERJA melaksanakannya dalam 3 periode. Jangka pendek dilakukan dengan memberikan bantuan berupa tanaman sayuran yang dapat dipanen dalam waktu 3 bulan; untuk jangka menengah diberikan bantuan berupa ayam/itik lokal maupun domba/kambing yang sudah dapat berproduksi dalam 6 bulan. Dan bantuan berupa bibit tanaman hortikultura (mangga, manggis, durian, pisang) dan tanaman perkebunan (kopi, kelapa dalam, cengkeh, pala). (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web