RSUD Dr Sukarjo Tasikmalaya Terbakar, Pasien Panik

TASIKMALAYA- Diduga akibat konsleting acu cadangan, Ruang Radiologi baru milik Rumah Sakit Umum Dokter Sukarjo Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, terbakar. Petugas harus memecahkan kaca jendela dan membobol atap guna mendeteksi titik api. Selain membuat panik karyawan, belasan pasien rumah sakit dievakuasi termasuk balita dan pasien ICU.

Ya, kepanikan terjadi di RSU Dokter Sukarjo Kota Tasikmalaya, Jumat (2/3/2018) pagi.
Puluhan karyawan rumah sakit berhamburan keluar mengetahui Ruang Radiologi terbakar.

Padahal, fasilitas ruangan masih baru dan belum digunakan untuk pelayanan medis.

Kepulan asap hitam pekat yang membungbung tinggi, membuat belasan pasien ICU, pasien bayi serta pasien yang hendak cuci darah, dievakuasi. Pihak rumah sakit khawatir pasien menghirup asap karena lokasinya berdekatan dengan Ruang Radiologi.

“Akibat kejadian ini karena ini berdekatan dengan ruangan ICU ada tiga orang, pasien bayi empat orang, dipindahkan di Ruangan Hemadalisa,” kata Kabid Pelayanan RSU Dokter Sukarjo.

Saksi mata menuturkan percikan api muncul setelah terjadi ledakan keras sebanyak tiga kali. Beruntung, saat kejadian pasien yang hendak menjalani ct scan belum berada di ruangan.

“Pas kejadian kita mau kerjakan pasien di dalam. Tiba tiba ada bunyi duarrrr, tiga kali. Itu mungkin dari listrik yang ada di dalam alat radiologi,” kata Staf Radiologi RSU Dokter Sukarjo, Edi Zulsopyan.

Petugas pemadam kebakaran yang datang kelokasi langsung melakukan pemeriksaan. Selain harus memecahkan kaca jendela, petugas juga terpaksa membobol atap gedung untuk mendeteksi titik api. Beruntung, api bisa segera dipadamkan sebelum membakar bangunan. Dua unit kendaraan pemadam kebakaran (Damkar) diturunkan ke lokasi guna menaklukan si jago merah.

Diduga kebakaran terjadi akibat konsleting tenaga acu cadangan di Ruang Radiologi. Api kemudian membakar plastik penutup hingga menyebabkan kepulan asap pekat.

Seorang petugas pemadam kebakaran harus mendapat bantuan pernafasan akibat terpapar asap pekat. Aparat kepolisian yang datang ke lokasi langsung melakukan penyelidikan dan olah tempat kejadian perkara. Belum diketahui pasti, total kerugian yang diderita rumah sakit meski pelayanan sempat terhambat. (CUU)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web