STIKes Mitra Kencana Tasikmalaya Resmi Berubah Jadi Universitas Bhakti Kencana

TASIKMALAYA- Status Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Mitra Kencana Tasikmalaya, resmi berubah jadi Universitas Bhakti Kencana (UBK).

Pergantian status menjadi universitas ini merupakan implementasi kebijakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dalam mengintegrasikan beberapa sekolah tinggi yang berada di satu yayasan untuk menjadi satu kesatuan dalam sebuah universitas.

Demikian dikatakan Koordinator Universitas Bhakti Kencana Kampus Tasikmalaya, Asep Mulyana, di kampus Jl RE Martadinata, kemarin siang.

Perubahan sekolah tinggi menjadi universitas ini tambah Asep, sudah melalui kajian matang pihak Kemenristekdikti.  

“Selain itu Kemenristek juga sudah evaluasi sevara mendalam untuk efisiensi. Termasuk dapat meringakan beban biaya pendidikan,” ujar Asep.

Selama ini Stikes Mitra Kencana yang berada di bawah Yayasan Adhi Guna Kencana Bandung ini tersebar di berbagai kota/kabupaten di Jawa Barat. Dengan bersatus menjadi universitas, kata Asep, tentu akan lebih efisien dan meningkatkan mutu pendidikan.

Ditambahkan Asep, perubahan menjadi Universitas Bhakti Kencana ini sebagai salah satu langkah menjadi perguruan tinggi terbesar dengan akreditasi baik.

Dengan menjadi universitas, tentu tidak akan banyak memakan para rektor ataupun dosen yang terpisah, namun akan menjadi satu kesatuan dalam sebuah universitas.

“Juga sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas sistem pendidikan serta kompetensi lulusannya,” ucap Asep.

Setelah menjadi universitas, rencananya UBK akan membuka program studi (prodi) baru. Jika sebelumnya hanya tersedia tiga prodi yakni D3 Kebidanan, S1 Keperawatan dan program profesi ners, maka nanti akan dibuka Prodi D3 Farmasi,  D4 Anastesi,  S1 Kebidanan dan Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom).

Saat ini Universitas Bhakti Kencana membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020. “Pendaftaran dibagi menjadi tiga gelombang yakni gelombang 1 Januari-Maret, gelombang 2 April-Juni dan gelombang 3 Juli hingga September. Pendaftaran akan menempuh seleksi akademik dan tes kesehatan,” ujar Asep.

Universitas Bhkati Kencana menyediakan beasiswa dari Kemenristekdikti yaitu bidikmisi dan beasiswa peningkatan prestasi akademik. Selain itu beasiswa dari yayasan dan beasiswa untuk tahfiz Alquran minimal 5 Juz gratis biaya kuliah sampai akhir. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web