Sungai Ciloseh Meluap, Belasan Rumah di Kampung Burujul Terendam

TASIKMALAYA- Diduga akibat luapan air sungai Ciloseh, sejumlah rumah di bantaran sungai di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, terendam banjir, Selasa (17/4/2018) malam. Khawatir banjir meluas, warga mengemasi barang berharganya untuk dipindahkan ke tempat aman.

Ya, kawasan sepanjang bantaran sungai Ciloseh di Kampung Buninagara 1, Cipedes, Kota Tasikmalaya, tiba-tiba terendam banjir. Rupanya air sungai Ciloseh meluap dan menggenangi kampung tersebut. Meski ketinggian air di dalam rumah mencapai 15 centimeter hingga 50 centimeter, tapi beberapa warga masih bertahan untuk tetap tinggal.

Sebagian warga mengemasi perabotan rumah tangganya untuk kemudian memindahkannya ke tempat yang lebih aman.

Diduga sungai Ciloseh meluap akibat di hulu (kawasan Galunggung) terjadi hujan deras.

“Barang barang baru sebagian diamankan. Pasalnya air datag secara tiba-tiba.” Kata salah seorang warga, Suryaman.

Sebagian warga mengaku resah karena rumahnya terendam banjir dan memilih bertahan karena takut barangnya hilang dicuri orang.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya dan aparat kepolisian membantu warga mengevakuasi barang milik korban yang terdampak luapan sungai Ciloseh.

Pihak BPBD Kota Tasikmalaya mencatat sekitar sebelas rumah terendam banjir dan tiga diantaranya harus dikosongkan karena khawatir ambruk.

“Pada prinsipnya kita melakukan penanganan dini saja dan dilakukan penanganan darura, Kita bantu warga untuk lakukan evakuasi barang,” kata anggota BPBD Kota Tasikmalaya Harisman. (SZM) ***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web