Sungai Citanduy Meluap, Ratusan Rumah di Sukaresik Tasikmalaya Terendam

TASIKMALAYA- Akibat luapan sungai Citanduy dan Cikidang, ratusan rumah di Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat terendam banjir. Ribuan masyarakat masih bertahan di rumah meski debit air terus naik.

Ya, hujan deras yang terus mengguyur menyebabkan bencana banjir di Desa Tanjungsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (23/2/2018) pagi. Akibatnya, sekitar 100 rumah terendam air dengan ketinggian antara 30 centimeter hingga 1 meter lebih.

Meski terbilang tinggi, ribuan warga terdampak masih bertahan dipemukiman. Mereka khawatir jika rumah ditinggalkan jadi sasaran kejahatan. Pengakuan warga air mulai masuk pemukiman sejak Jumat subuh. Banjir disebabkan luapan sungai Citanduy serta sungai Cikidang yang melintasi pemukiman.

“Sekitar seratus rumah yang terkena banjir. Tidak ada korban jiwa karena warga disini sudah terbiasa dengan banjir. Jadi mereka cukup kuat dan tabah. Kita pemerintah sudah berusaha dan memperbaiki oleh BPWS. Semoga apa yang diharapkan segera terealisasi,” kata Camat Sukaresik Asep Suhendar.

Meski tidak jebol, ketiadaan sodetan di sungai Citanduy membuat air kerap meluap. Warga di Desa Tanjungsari menjadi korban banjir langganan jika hujan deras terjadi.

“Ini air meluap dari sungai Cikidang dan Citanduy. Setiap hujan pasti banjir menggenangi puluhan rumah dan pesawahan juga sekolah,” kata salah seorang warga setempat, Arifin Mubarok.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya dan polisi terus berusaha membujuk warga agar mengungsi ketempat yang lebih aman. Sayangnya, hingga Jum’at siang, perahu karet untuk evakuasi warga belum tersedia di lokasi banjir. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web