Tuntut BPJS Ketenagakerjaan, Ratusan Buruh Mogok

TASIKMALAYA – Ratusan pekerja PT Panjunan Kota Tasikmalaya, Jawa Barat melakukan aksi mogok kerja terkait tuntutan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) yang selama ini belum direalisasikan pihak perusahan. Mereka juga menggelar demonstrasi dan berorasi di depan halaman perusahaan tersebut.

Ratusan pekerja PT Panjunan di Jl Ir H Djuanda Kota Tasikmalaya ini sengaja mogok kerja, Senin (30/1) siang. Pasalnya pihak perusahaan tidak memberikan hak hak pekerja, seperti BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan.

Para pekerja perusahaan distributor sejumlah produk ini memilih mogok kerja dan menggelar orasi di parkiran perusahaan. Tuntutan tersebut diantaranya meminta agar semua pekerja didaftarkan dalam BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Mereka juga meminta status semua pekerja harus didukung dengan surat keterangan pengangkatan. Aksi mogok akan terus dilakukan para pekerja hingga perusahaan mengabulkan tuntutannya.

Menurut Korlap aksi Ikmal Hudhud, sebelumnya pihak perwakilan pekerja beberapa kali mengajukan haknya yang harus diberikan perusahaan. Tapi mereka selalu mendapat alasan harus menunggu keputusan kantor pusat.

Sejumlah aparat kepolisian diterjunkan dalam aksi mogok ini guna menjaga hal yang tidak diinginkan. Meski pertemuan pihak pekerja dan perusahaan dimediasi aparat kepolisian, tapi realisasi hak pekerja tidak ada keputusan pasti. (Pian M) ***

 

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web