Demi Air Bersih, Warga Garut Rela Antri

GARUT- Ratusan warga di Garut, Jawa Barat rela antri dan berdesakan untuk mendapatkan air bersih saat kemarau panjang. Bahkan sejumlah lansia juga turut mengantri hingga terjepit di tengah antrian. Kemarau panjang di Garut menjadikan sejumlah warga yang bearda di empat kecamatan alami kekeringan hingga kesulitan mendapatkan air bersih.

Salah satu lokasi yang terdampak kekeringan paling parah adalah kampung Babakan Panjang, Desa Kertajaya, Cibatu, Garut. Tak pelak, ketika Polres Garut memberikan air bersih gratis, ratusan warga antusias membawa ember untuk menampungnya.

Ya, selama ini mereka kesulitan mendapatkan air bersih untuk memasak dan minum. Dalam antrian itu sejumlah lansia ikut desak-desakan hingga membuat khawatir petugas yang mendistribusikan air.

Menurut Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, bantuan air bersih ini dilakukan guna meringankan beban warga yang terdampak kekeringan.

Setiap harinya Polres Garut melakukan pengiriman bantuan air bersih sebanyak empat ribu liter per di tiga kampung di kawasan kecamatan Cibatu.

“Kita juga akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat guna mengatasi bencana kekeringan ini,” kata Budi , kemarin siang.

Kekeringan yang dialami warga ini terjadi sejak empat bulan terakhir. Warga berharap pemerintah membuat penampungan air agar saat pengiriman bantuan air bersih tidak harus berdesakan. (UBA)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web