Guncangan Gempa 4,8 SR Membuat Panik Warga Tasikmalaya

TASIKMALAYA- Gempa berkekuatan 4,8 skala richter terjadi, Senin (7/1/2019) malam, di koordinat  episenter 8.15 LS dan 107.88 BT. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak  62 km Barat Daya Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, kedalaman 21 km.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi terjadi pada pukul  22:04:09 WIB.

Warga Kota dan Kabupaten Tasikmalaya dikejutkan dengan gempa bumi ini. Getaran gempa yang cukup lama, membuat warga panik dan berhamburan ke luar rumah.

“Gempa!  Gempa!” teriak M Koswara (49) warga Kampung Cihaji, Purbaratu, Kota Tasikmalaya, yang membuat para tetangga terbangun dan berhamburan ke luar rumah. Meski getaran gempa tak begitu kuat, namun warga merasakan durasinya agak lama.

Warga lainnya Asep Ono (47) yang dihubungi via telpon selulernya menuturkan, saat gempa dirinya baru saja hendak tidur setelah sebelumnya buang air kecil. Karena guncangan gempa agak lama, Asep sempat membangunkan istrinya.

Kepanikan pun terjadi di kawasan yang berdekatan dengan pesisir Pantai Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya. Okto (50) dan keluarganya langsung berhamburan keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Istrinya malah menggendong anaknya keluar rumah. 

Kepanikan warga memang cukup dimaklumi. Karena 2 September 2009 lalu Tasikmalaya diguncang gempa berkuatan 7,3 skala richter yang menelan korban jiwa dan menghancurkan harta benda. 

Hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi kali ini dirasakan di daerah Sukabumi, Pangandaran,  Garut, Tasikmalaya dan Ciamis. Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

Menurut Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Joko Siswanto S.Sos, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat subduksi di wilayah Selatan Jawa.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan. Joko Siswanto menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web