Heboh! Dikubur Puluhan Tahun 3 Jasad Sekeluarga di Ciamis Masih Utuh Saat Digali

CIAMIS- Dikubur selama puluhan tahun, jasad tiga orang warga di Ciamis, Jawa Barat, ditemukan masih dalam keadaan utuh tanpa mengeluarkan bau busuk, Selasa (18/9/2018) siang. Keluarga sengaja menggali makam akibat lahan pemakaman terdampak pembangunan perumahan. Selain dikenal razin solat, semasa hidup, almarhum juga dikenal santun dan penyayang istri.

Ya, kejadian di luar nalar menggemparkan warga kelurahan Handap Herang, Cijeungjing, Ciamis, Jawa Barat. Niat Emoh memindahkan makam empat anggota keluarganya berbuah kejadian aneh dan langka. Tiga dari empat jenazah yang digali masih dalam kondisi utuh tanpa mengeluarkan bau sedikitpun. Padahal, jenazah almarhum sudah dikubur lima hingga 35 tahun lamanya.

Selain kondisi jenazah masih terbungkus kulit, rambut jenazah masih tampak utuh. Bahkan, kain kafan yang digunakan membungkus jenazah masih belum hancur hanya berubah warna menjadi coklat. Jenazah yang digali merupakan Jalaludin, suami Emoh yang wafat 35 tahun silam akibat penyait typus. Jenazah  Sasmita. ayah Emoh, yang wafat 14 tahun silam akibat penyakit stroke, serta jenazah Kaimita yang wafat 5 tahun silam. Sementara  satu jenazah yaitu keponakan Emoh, sudah menjadi tanah tidak menyisakan tulang belulang.

Keluarga sengaja memindahkan makam akibat area pemakaman keluarga akan dijadian lahan perumahan. “Ini makam bapak kandung saya, kakek, adik dan keponakan. Semuanya empat orang,” kata Adang Suherlan, anak almarhum Jamaludin.

Menurut Suherlan, makam dipindahan untuk keperluan perumahan. Dirinya sempat kaget ketika diberitahu kain kafannya masih utuh.

“Tak hanya itu ternyata jasadnya Alhamdulillah masih utuh juga, Tak hanya itu dua jenazah lainnya masih utuh,” ucap Suherlan.

Ditambahkan Suherlan, bapaknya meninggal 35 tahun silam. Lalu kakeknya 14 tahun silam dan keponakannya beberapa tahun silam.

Dimata keluarga, sosok ketiga almarhum dikenal sebagai pribadi yang baik dan taat beribadah. Apalagi, Jalaludin yang semasa hidup tidak pernah meninggalkan solat lima waktu serta menyayangi istri dan keluarga.

Kejadian ini membuat sedih dan bahagia keluarga. Mereka berdoa almarhum mendapat tempat yang layak disisiNya.

“Yang meninggal suami, Perasaan saya lesu. Tidak menyangka, kesehariannya dulu baik sekali. Tidak aneh aneh. Razin beribadah. Pada keluarga sangat erhatian,” ujar istri almarhum Jalaludin, Emoh.

Peristiwa yang menggemparkan ini diyakini warga sekitar sebagai fenomena langka yang harus mempertebal keimanan seseorang. “Bersyukur karena Alloh memperlihatkan janjinya. Benar kalau jenazah yang semasa hidupnya baik dan soleh tidak habis dimakan rayap. Ini semoga akan meningkatkan kadar keimanan saya,” kata tetangga Emoh, Maman Nurzaman.

Mendapati kondisi jenazah yang masih utuh, beberapa orang keluarga sempat jatuh pingsan, Bahkan, Adang tak kuasa menahan haru, karena bisa menyaksikan jasad ayahnya yang belum pernah dilihatnya seumur hidup. Jenazah ketiga almarhum langsung dipindahkan kepemakaman umum setempat. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web