Hewan Ternak Dikonteskan di Lapangan Dadaha, Harganya Bisa Lebih Mahal

TASIKMALAYA- Ratusan peternak ikuti kontes hewan ternak di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (18/7/2018) siang. Gelaran rutin setiap satu tahun sekali ini tidak hanya menyedot perhatian pecinta hewan ternak saja, namun juga menjadi daya tarik para pelajar dan mahasiswa.

Ya, ratusan peternak se Jawa Barat mengikuti ajang kontes hewan ternak yang digelar di Lapangan Olah Raga Dadaha, Kota Tasikmalaya. Ajang lomba ternak berupa sapi dan kambing ini digelar untuk mencari produk hewan ternak yang berkualitas bagus untuk dikonteskan pada tingkat Propinsi Jawa Barat.

Acara tahunan ini tidak hanya menyedot perhatian pecinta hewan ternak saja, namun menyedot perhatian pelajar dan mahasiswa. Mereka pun datang bukan hanya sekedar menonton, tapi turut mempelajari secara detail mengenai peternakan. Di tempat ini ratusan hewan ternak jalani penilaian seperti berat badan, tinggi badan hingga keindahan dan kebersihan hewan.

Kontes hewan ternak tersebut diselenggarakan Dinas Peternakan dan Pertanian Propinsi Jawa Barat, bekerja sama dengan Pemerintah Kota Tasikmalaya.

“Dua ratus ekor hewan jenis bibit dan penjantan ikut serta dalam kontes ini. Yang dinilai itu ukuran liner tubuhnya, umur dan kemurniannya yang ratu bibit itu,” kata salah seorang juri kontes hewan, Utang Suparman.

Peserta kontes tidak hanya membawa satu jenis hewan, tapi mereka membawa belasan ekor hewannya untuk dikonteskan. Misal Pandu Rahayu, peserta kontes dari Garut ini membawa kambing lima belas ekor untuk dikonteskan.

“Yang ada di kandang saya itu ada 100 ekor kambing. Namun hari ini saya hanya membawa lima belas ekor kambing. Dalam kontes seperti ini kita hitungannya beli nyawa. Ya, pokonya tinggi tinggian harga saja,” ucap Pandu.

Kontes hewan ternak ini berlangsung selama dua hari dengan jumlah sekitar 150 peserta. Diharapkan selain mencari produk hewan ternak yang berkualitas bagus untuk dikonteskan pada tingkat Propinsi Jawa Barat, juga kontes ini bisa menaikan harga hewan ternak. (SZM)****

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web