Isak Tangis Warnai Pelepasan Calon Jamaah Haji di Tasikmalaya

TASIKMALAYA- Sebanyak 450 calon jemaah haji kloter 2, asal Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, diberangkatkan, Senin (16/7/2018) siang. Isak tangis mewarnai beberapa keluarga calon jemaah haji ketika berpamitan guna melaksanakan rukun Islam ke lima. Rencananya rombongan calon jemaah haji ini diberangkatkan ke tanah suci melalui Embarkasi Bekasi.

Ya, seorang calon jemaah haji asal Pondok Karisma, Panglayungan, Kota Tasikmalaya, Titi Resmiati, dilepas keluarga dan kerabatnya dengan isak tangis. Keluarga calon jemaah haji ini tak kuasa menahan tangis ketika melepas perempuan yang usianya sudah memasuki 77 tahun tersebut.

Sehari sebelum keberangkatan, di rumah Titi Resmiati digelar Walimatussapar. Setiap calon jamaah haji yang akan menunaikan ibadah haji, lazimnya mengadakan suatu acara dimana keluarga, handai tolan dan tetangga, hadir di rumah calon haji tersebut.

Tujuannya untuk menyampaikan ucapan selamat dan mengiringi doa keberangkatan calon jamaah haji agar lancar dalam pelaksanaannya. Sebagian dari undangan yang hadir memesan doa tertentu atau bahkan oleh-oleh tertentu dari Arab Saudi kepada calon haji. Titi berangkat seorang diri meski usia lanjut. Ia keukeuh untuk berangkat naik haji dan berharap diberi kesehatan di sana.

Sementara itu kelompok terbang (kloter) 2 sebanyak 450 calon jemaah haji ini diberangkatkan dari Gedung Dakwah Islamiyah Kota Tasikmalaya diangkut sepuluh bis menuju Embarkasi Bekasi.

Seorang calon jemaah haji terpaksa menggunakan kursi roda karena alami keumpuhan. Beruntung keberangkatannya ke tanah suci bersama anaknya.

Wakil Walikota Tasikmalaya Muhammad Yusup berharap para calon jemah haji asal Kota Tasikmalaya diberi kelancaran dan kesehatan hingga kembali ke tanah air.(SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web