Jelang Tahun Ajaran Baru, Toko ‘Bale Asih’ Diserbu Anak Yatim

TASIKMALAYA – Memasuki tahun ajaran baru, toko perlengkapan sekolah gratis milik seorang mantan pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat, diserbu anak yatim dan kurang mampu.

Selama satu bulan terakhir, sebanyak 250 paket perlengkapan sekolah telah diberikan kepada anak yatim dan kurang mampu secara gratis.

Musim sekolah tahun ajaran baru telah tiba, rumah milik Yayan Tahyan, pensiunan PNS di Jl Raya Kudang, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya ini pun setiap harinya tak pernah sepi dikunjungi anak yatim dan kurang mampu.Mereka datang untuk membawa perlengkapan sekolah yang disediakan Yayan Tahyan.

Lantai satu rumah milik mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya periode 2003-2006 ini menyediakan berbagai perlengkapan sekolah, mulai dari buku tulis, pakaian seragam, sepatu, tas dan topi.

Perlengkapan sekolah tersebut diberikan Yayan Tahyan secara cuma-Cuma alias gratis bagi anak yatim dan kurang mampu.

Selain menyediakan perlengakapan sekolah, di toko yang diberi nama ‘Bale Asih’ ini juga dilengkapi perpustakaan gratis dengan berbagai macam buku pelajaran sekolah dan perkuliahan.

‘Bale Asih’ didirikan Yayan Tahyan sejak 13 Februari 2014 berawal dari buku perpustakaan koleksi pribadinya. Lambat laun ‘Bale Asih’ buka setiap hari dan melayani siapa saja terutama masyarakat kurang mampu yang membutuhkan perlengkapan sekolah.

Sejak didirikan, ‘Bale Asih’ berkonsep toko sosial. “Siapapun masyarakat yang memerlukan bisa datang ke toko ini tanpa syarat apapun,” kata Yayan Tahyan, kepada Jabarklik.com, Sabtu (15/7/2017) siang.

Selain dari menyisihkan gaji pensiunannya, perlengkapan dan paket seragam sekolah ini juga didapat dari sedekah keluarga dan para donatur.

Yayan Tahyan merupakan sosok yang ingin mengabdikan dirinya di dunia pendidikan. Hatinya terketuk ketika melihat masih banyak anak-anak yang kurang mampu tidak bisa sekolah karena alasan tak mempunyai perlengkapan sekolah.(DUY)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web