Jembatan Gantung Ambruk, 15 Orang Terluka

CIAMIS- Sebuah jembatan gantung di Kecamatan Cidolog, Ciamis, Jawa Barat, ambruk saat dilintasi warga, kemarin siang. Akibatnya, belasan orang yang hendak menghadiri resepsi pernikahan terjatuh ke dasar sungai yang kering hingga luka cukup parah.

Proses evakuasi insiden ini sempat direkam ponsel salah seorang warga dan viral di media sosial. Keterbatasan alat membuat warga hanya mengandalkan tandu dadakan yang terbuat dari bambu dan kain sarung untuk mengevakuasi korban. Kepanikan juga terjadi di Puskesmas Cidolog saat petugas medis memeriksa korban. Banyaknya korban sempat membuat petugas medis kewalahan. Selain luka di kepala, sebagian korban alami patah tulang.

Sedikitnya, 15 warga Pamarican terluka akibat jembatan gantung penghubung Dusun Ciparay ambruk saat dilintasi. Mereka semula berniat menghadiri resepsi pernikahan di dusun tetangga.

Menurut Kabid Darlog Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis Ani Supriani, selain akibat bersamaan melintas, lapuknya jembatan gantung yang terbuat dari bambu membuat jembatan tak kuat dilalui banyak orang. Diperkirakan sebanyak 23 orang yang didominasi ibu rumah tangga dan anak anak melintas jembatan dalam waktu bersamaan.

“Para korban warga Pamarican yang hendak menghadiri undangan pernikahan. Jumlahnya sekitar 23 orang. Tiba tiba saja jembatan roboh. Yang luka lima belas orang dibawa ke Puskesmas Pamarican dan Cimaragas. Penyebabnya menyebrang jembatan yang terbuat dari bambu berbarengan,” kata Ani.

Seluruh korban sudah mendapat penanganan medis. Mereka juga dibebaskan biaya perawatan oleh pemerintah daerah. Sementara polisi langsung melakukan olah tempat kejadian perkara. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web