Jika Mobil Anda Mogok di Tanjakan Gentong, Tim Inilah yang Turun Tangan

TASIKMALAYA- Hingga H+3 lebaran, jalur selatan Gentong, Tasikmalaya, Jawa Barat, masih terus  dipadati kendaraan pebalik, tadi petang. Meski arus terbilang padat lancar, namun tak sedikit kendaraan bermotor, terutama roda empat tak kuat melewati tanjakan di jalur tanjakan Gentong.

Ya, sejumlah kendaraan mendadak mogok saat melintasi tanjakan Gentong, di jalur selatan Tasikmalaya.

Beruntung  warga setempat yang menjadi relawan tukang ganjal ban sigap membantu pengendara mobil.

Sedikitnya  ada lima kendaraan yang mogok dan dibantu tim ganjal ban. Beragam penyebab kendaraan mogok di tanjakan tersebut. Salah satunya mesin  mati mendadak karena tak kuat melintasi tanjakan terjal.

Salah seorang tukang ganjal ban, Iwan Setiawan, mengaku  setiap musim mudik dirinya terjun ke jalan untuk membantu para pengendara yang kendaraannya mogok di tanjakan Gentong.

Layanan terhadap para pengguna jalan tersebut diberikan Iwan serta teman-temannya tidak menentukan tarif. Jika ada pengendara  yang memberinya imbalan tanda terimakasih, maka akan diterima dengan senang hati.

Begitupun sebaliknya, jika ternyata tidak memberinya imbalan, Iiwan tetap semangat membantu.

“Kita relawan tim ganjal ban sebeumnya mendapat pelatihan dari kepolisian. Kendaraan yang mogok tidak dipungut bayaran. Tapi jika mau memberi imbalan, kita juga tidak menolaknya,” kata Iwan.

Dengan kehadiran tukang ganjal ban, para pengguna jalan erasa terbantu jika kendaraannya alami gangguan mesin dan mogok di kawasan tersebut.

Jalur selatan Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, merupakan lintasan menuju Garut, Bandung dan sekitarnya. Kawasan ini terkenal dengan tanjalan tajam dan jalan berkelok.

Sementara hingga malam ini arus lalu lintas kendaraan pebalik di jalur selatan Tasikmalaya,  terpantau padat merayap.

Di beberapa titik laju kendaraan pebalik tersendat akibat volume kendaraan terus meningkat dan  adanya penyempitan jalan. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web