Outbound dan Family Gathering. Wadah Memperkokoh Keutuhan Keluarga TKIT ‘Ibadurrohman

TASIKMALAYA- Mungkin anda sudah sangat cukup familiar dengan kata outing, gathering, team building, paintball, highropes, flying fox dan lain sebagainya. Kegiatan yang cukup populer pada tahun 2000-an kerap dikonotasikan sebagai kegiatan outbound.

Ya, outbound merupakah istilah dalam bidang kelautan yang berasal dari kata out of boundaries, artinya keluar dari batas. Namun arti menurut istilah, out bound merupakan proses mencari pengalaman melalui alam terbuka.

Untuk membangun pendidikan berdasarkan petualangan (adventured based aducation), Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) ‘Ibadurrohman Tasikmalaya menggelar Out Bound dan Family Gathering 2018, Sabtu (10/3/2018) siang. Tempatnya di Taman Wisata Karangresik, Kota Tasikmalaya.

Menurut Kepala Sekolah TKIT ‘Ibadurrohman, Reni Nurjanah, Out Bound dan Family Gathering dengan tema ‘Together, We Build Togetherness’ ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan atau leadership maupun kemandirian anak saat menginjak usia remaja nanti.

“Anak-anak mempunyai sifat ingin tahu yang tinggi, sehingga hal yang baru seperti outbound mereka sangat menyukainya. Mereka dapat bermain sesuka hati karena di outbound anak dini banyak sekali game-game outbound yang menyenangkan, tetapi mereka bermain game outbound yang mempunyai tujuan yang mendidik,” kata Reni.

Selain itu tambah Reni, dengan outbound mengajarkan anak bagaimana melatih sosialisasi sehingga akan menumbuhkan semangat dan mendorong si anak aktif dalam kegiatan bermasyarakat.

Dijelaskan Reni, outbound juga memberikan pelajaran bagaimana memahami pendapat dan perbedaan dari orang lain dan dalam memecahkan masalah secara kelompok dan menumbuhkan kemampuan komunikasi yang baik dengan orang lain

Gelaran ini melibatkan orang tua murid yang waktunya hampir bersamaan. Ya, ketika anak anak mereka tengah melakukan outbound, para orang tua juga mengikuti Family Gathering. Beragam game dengan hadiah menarik disajikan panitia.

“Kita sengaja melibatkan orang tuanya untuk mengikuti Family Gathering. Tujuanya, agar orang tua selalu menjaga keharmonisan di dalam keluarga serta mampu menjadi teladan serta dekat dengan putra-putrinya,” ujar Reni.

Diharapkan dengan Family Gathering lebih memperkokoh keluarga. Kokoh dari berbagai godaan penyelewengan dalam keluarga, baik terkait hubungan suami istri, pengasuhan anak dan dunia maya. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web