Pasca SMA/SMK Dikelola Provinsi, Anggota DPRD Provinsi Jabar Blusukan ke Sekolah

TASIKMALAYA – Pasca kewenangan SMA dan SMK ditarik ke Provinsi, anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, H. Yod Mintaraga melakukan kunjungan ke SMA Negeri 1 Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya. Kunjungan ini dimaksudkan guna melihat perkembangan sekolah dan mencari informasi serta masukan ke pemerintah daerah.

Pasalnya setelah kewenangannya ditarik, bukan tidak mungkin terjadi banyak kendala yang dihadapi pihak sekolah.

“Perkembangan setelah alih kelola SMA/SMK dari Kabupaten/ Kota ke Provinsi harus dilihat. Kami harus tahu kendala apa yang dihadapi setelah kewenangan SMA di tarik ke provinsi. Ya, kami butuh informasi dan masukan langsung dari mulai sarana hingga tenaga pengajar,” kata H. Yod usai melakukan pertemuan dengan para tenaga pengajar SMA Negeri 1 Ciawi, kemarin siang.

Kunjungan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat ini diterima Kepala SMA Negeri 1 Ciawi, Nandang dan para guru. Dengan penuh keakraban mereka berdialog.

Menurut Yod Mintaraga, nantinya masukan itu ditampung dan disampaikan ke pemerintah daerah untuk diakomodir. Sehingga dengan ditariknya alih kelola oleh pemerintah provinsi kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, bahkan harus lebih meningkat. Dengan alih kelola, SMA/ SMK harus menjadi lebih baik dan pemerataan pendidikan bisa tercapai.

Lebih jauh, politisi Partai Golkar itu juga menyoroti terkait dengan sarana prasarana yang ada di sekolah tersebut. “Sekolah harus dijadikan tempat nyaman terutama bagi siswa agar belajar dengan nyaman dan menyenangkan,” ucap Yod Mintaraga.

Dalam kesempatan itu Kepala SMA Negeri 1 Ciawi, Nandang meminta kepada ketua Fraksi Golkar DPRD Provinsi Jawa Barat supaya sarana dan prasarana sekolahnya bisa diperhatikan. Nandang mengaku masih banyak sarana dan prasarana yang belum maksimal. Bahkan, pihak sekolah menginginkan adanya gedung serba guna dan lainnya.

“Kami berharap kepada anggota DPRD bisa dimasukan anggaran dan direalisasikan. Karena untuk ruang belajar mengajar sudah hampir selesai, sehingga target selanjutnya memiliki gedung serbaguna, cepat terwujud. Upaya pembangunan gedung serbaguna itu, mendapat titik terang dengan harapan adanya dorongan dari anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, khususnya Yod Mintaraga,” ujar Nandang.

Usai melakukan pertemuan, Yod Mintaraga dan Kepala SMA Negeri 1 Ciawi melakukan peninjauan lokasi yang direncanakan untuk gedung serbaguna. Selain itu melakukan peninjauan fasilitas lainnya.

Sarana prasarana merupakan bagian penting yang perlu disiapkan secara cermat dan berkesinambungan, sehingga dapat dijamin selalu terjadi proses belajar mengajar yang lancar. Dalam penyelengaraan pendidikan, sarana prasaran sangat di butuhkan untuk menghasilkan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. (TIP)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web