Petani Penderita Epilepsi Ditemukan Tewas di Sungai

TASIKMALAYA- Udin (60) sudah lama mengidap penyakit epilepsi. Jika penyakitnya kambuh, dia yang warga Kampung Balapulang, Mekarsari, Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya ini akan merasakan kepalanya sakit luar biasa. Beberapa dokter sudah didatangi untuk mengobati penyakitnya. Tapi tak kunjung sembuh.

Meski demikian, semangat untuk bekerja tetap berkobar pada diri Udin. Buktinya, Kamis (14/3/2019) pagi, dia pamitan pada istrinya. Katanya Udin hendak menggarap sawahnya yang lama terbengkalai.

Istri dan anaknya sempat melarang. Mereka khawatir penyakit epilepsi yang diderita Udin akan kambuh. Tapi dia ‘keukeuh’. Akhirnya, istri dan anaknya tak bisa berbuat banyak.

Nah siangnya, keluarga mendapat kabar. Jika Udin ditemukan tewas mengambang di sungai Cibuka. Tepatnya di perbatasan Kampung Lio dan Kampung Mekarsari, Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya.

Adalah Jaja yang pertama menemukan. Kala itu Jaja hendak bekerja ke kebunnya. Tiba di sungai Cibuka, langkah kakinya terhenti. Bola mata Jaja tertuju pada sesosok yang mengambang di tengah sungai. Ya, sosok manusia itu tersangkut sampah.

Lama Jaja tertegun. Yakin, yang mengambang tersebut manusia, Jaja lapor aparat kepolisian.

Tak lama jajaran Polsek Ciawi dipimpin IPDA Dadang Bonteng tiba di lokasi. Hasil keterangan warga diketahui jika jenazah itu bernama Udin. Saat itu juga IPDA Dadang Bonteng dan anggotanya mengevakuasi jenazah. Guna kepentingan visum jenazah Udin dibawa ke Puskesmas Lambau Ciawi.

Dugaan sementara korban jatuh ke sungai karena penyakitnya epilepsinya kambuh. Pihak keluarga menolak dilakukan otopsi terhadap jenazah korban. Mereka menganggap kematian korban sebagai musibah.

Seperti diketahui penyakit epilepsi atau ayan adalah kondisi yang dapat menjadikan seseorang mengalami kejang secara berulang. Kerusakan atau perubahan di dalam otak diketahui sebagai penyebab pada sebagian kecil kasus epilepsi. Di dalam otak manusia terdapat neuron atau sel-sel saraf yang merupakan bagian dari sistem saraf. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web