Soal Cawapres, Santri Sarungan Menyerahkan Sepenuhnya kepada Jokowi untuk Memilih

TASIKMALAYA- Tak biasanya di depan pondok pesantren Al-Munawar Adamini Lingga Jaya Kota Tasikmalaya, berdiri panggung megah, Kamis (2/8/2018), malam. Di beberapa sudut panggung terpasang lampu yang memancarkan warna warni begitu indah. Sementara beberapa pemuda duduk sambil memainkan alat musik tradisional.

Rupanya disana ada gelaran kesenian khas santri sarungan. Ya, ratusan santri dan ulama yang tergabung dalam Aliansi Santri Untuk Bangsa (ASUBAN) di Kota Tasikmalaya tengah menggelar deklarasi jelang kontestasi Pilpres 2019. Sebelum deklarasi berbagai kesenian digelar.

Meski kawasan itu diguyur hujan gerimis, tapi tidak membuat mereka bergeming. Malam kian larut. Deklarasi dukungan terhadap presiden Jokowidodo untuk kembali menjadi calon presiden mendatangpun menjadi gelaran puncak.

Menurut kordinator ASUBAN Kota Tasikmalaya, KH Habibudin, para santri yang melakukan deklarasi ini akrab disebut ‘santri sarungan’.

“Dalam menilai kebijakan Jokowidodo, sudah sangat jelas jika Jokowi telah berpihak pada masyarakat kecil terutama kalangan santri,” kata Habibudin.

Ditambahlan Habibudin, denan dibangunnya bendungan yang mengairi ratusan bahkan jutaan hektar lahan pertanian telah membantu petani yang notabene orang tua santri di seluruh tanah air. Dibangunnya infrastruktur jadi bukti Jokowi bisa bekerja dengan baik.

“Deklarasi dukungan untuk Jokowidodo dua priode sengaja digelar jelang pendaftaran capres/cawapes Agustus ini. Meski mendukung Jokowi sebagai capres, santri sarungan ini tidak merekomendasikan calon wakil presiden untuk Jokowi. Mereka menyerahkan sepenuhnya pada presiden Jokowi untuk memilih calonnya,” tandas Habibudin.(SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web