Umur 15 Tahun Jadi Mahasiswi Unpad, Remaja Asal Tasikmalaya ini Kian Getol Belajar

TASIKMALAYA- Di saat remaja sebayanya masih disibukkan dengan memadu kasih, gadis muda asal Kota Tasikmalaya, Jawa Barat ini terus bergelut dengan buku pelajaran. Di usia 15 tahun, dia sudah menjadi mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad) tahun akademik 2018/2019.

Perempuan kelahiran 3 Oktober 2002 ini bernama Rein Vidya Banafsha. Rein lolos lewat Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan menjadi mahasiswa termuda diantara rekan seangkatannya.

Usia muda justru menjadi keunikan tersendiri bagi seseorang untuk masuk ke jenjang perguruan tinggi. Instansi perguruan tinggi juga patut diapresiasi karena mau menerima mahasiswi dengan umur di bawah rata-rata.

Rein diyakini memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata. Meski demikian, dia tetap tidak kehilangan jiwanya sebagai seorang remaja. Rein tetap merupakan seorang remaja meski telah menjadi seorang mahasiswa. Dia tetap suka bermain seperti kebanyakan remaja lain.

Rein asal Perum Grand Sukarindik Regency, Indihiang, Kota Tasikmalaya ini, memang telah mengikuti kelas akselerasi saat duduk di bangku sekolah. Dia menyelesaikan studi di SMPN 5 Tasikmalaya dalam waktu 2 tahun. Hal itu juga dilakukannya ketika masuk ke SMA. Dia lulus dari SMAN 1 Kota Tasikmalaya hanya dalam waktu 2 tahun. Anak pertama dari tiga bersaudara pasangan suami istri, Pian Sopyan Nurochman dan Nenden Diana ini memilih kedokteran Unpad, karena bebas dari biaya. Jika sudah jadi dokter Rein siap mengabdi sebagai dokter di wilayah mana saja.

Ketertarikannya masuk Unpad berawal kala Rein mengetahui organisasi kemahasiswaan di Fakultas Kedokteran Unpad yaitu Asian Medical Student Association (AMSA). Dia yang memiliki hobi bernyanyi ini pun kian berminat setelah mengenal paduan suara di Unpad.

“Sekarang saya sudah masuk. Alhamdulillah masuk ke perguruan tinggi Universitas Padjadjaran Fakultas Kedokteran jurusan Pendidikan Dokter. Karena termuda, itu menjadi pemicu agar saya lebih giat lagi belajar,” kata Rein ketika ditemui jabarklik.com di rumahnya, Kamis (9/8/2018) siang.

Keseharian Rein memang cukup padat. Dia membiasakan jika bangun tidur langsung belajar. Pulang sekolah Rein les privat dan malamnya ikut bimbingan belajar (Bimbel).

Di mata keluarganya, Rein memang anak penurut. Noneng, neneknya Rein menyebutkan, suaminya (kakek Rein) sempat bilang jika cucunya ini punya kelebihan dan akan jadi dokter. “Dia juga bilang, kelak Rein akan jadi dokter. Rein rajin latihan bela diri silat dan ibadahnya tidak bolong bolong,” ucap Noneng. (SZM)***

Tinggalkan Balasan

Nama *
Surel *
Situs web